Hal-hal Yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Merancang Aplikasi Mobile

Hal-hal Yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Merancang Aplikasi Mobile

Memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis memang sudah hal wajib untuk saat ini. Mengikuti tren bisnis memang penting, dan salah satunya adalah memanfaatkan tren aplikasi mobile untuk pengembangan bisnis. Faktanya adalah pengguna aplikasi mobile mencapai 86 persen waktu daring penggunanya. Maksudnya adalah, aktifitas dari menyalakan smartphone hingga menonaktifkan smartphone paling banyak adalah mengakses aplikasi mobile. Aplikasi yang paling sering diakses adalah Sosial media dan aplikasi e-commerce.

Selanjutnya adalah pengguna perangkat bergerak akan terus meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. Menurut datai International Telecommunication Union atau ITU, hingga tahun 2021 pengguna perangkat mobile akan terus meningkat hingga mencapai angka 26,3 Milyar. Sebuah fakta yang cukup menggiurkan bukan?

Nah, bagi Anda yang akan memulai memanfaatkan aplikasi mobile. Selain harus cermat dalam menentukan jasa pembuatan aplikasi mobile, ada baiknya jika Anda perlu melakukan persiapan yang lain sebelum melakukan lepas landas. Persiapan apa saja itu? Mari simak penjelasannya.

1. Analisa Konsumen Anda.

Analisis Konsumen

Anda perlu melihat kebutuhan konsumen Anda, terapkan prinsip 5W+1H, (What, When, Where, Who, Why dan How). Apa yang mereka cari dari bisnis Anda? Kapan biasanya mereka melakukan pembelian? Dimana mereka dapat menemukan bisnis Anda dengan mudah? Siapa konsumen utama Anda? Mengapa mereka memerlukan produk Anda? dan Bagaimana mereka mendapatkan produk Anda?
Anda perlu merangkumnya sebagai sebuah kebutuhan konsumen dengan melihat kebiasaan, ketertarikan dan demografi konsumen Anda. Karena ini sangat penting untuk menentukan media apa yang tepat untuk konsumen Anda.

2. Analisa Masalah Anda

Analisa Masalah Anda

Selain anda perlu untuk menganalisa konsumen Anda, Anda juga perlu menganalisa masalah apa saja yang Anda hadapi sehingga Anda berkeinginan untuk menggunakan jasa pembuatan aplikasi mobile untuk membuat aplikasi yang Anda inginkan.
Anda dapat memulai analisa dari report-report bulanan dari hasil transaksi penjualan Anda. Atau Anda dapat memanfaatkan rubrik kritik dan saran untuk menerima feedback dari konsumen Anda.

3. Tone and Manner

Tone & Manner

Kesan seperti apa yang ingin ditampilkan pada aplikasi Anda agar dapat mewakili identitas bisnis Anda?
Tone and Manner adalah cara bagi Anda untuk membentuk kesan agar dapat dikenal oleh pengguna bahwa itu adalah identitas Anda. Anda dapat memanfaatkan warna dan gambar untuk membuat aplikasi yang Anda buat terlihat ‘bisnis Anda banget’. Tambahkan tagline jika diperlukan.

4. Menentukan siapa developernya.

Tentukan Developernya

Setelah seluruh data telah Anda kumpulkan, kini saatnya anda mewujudkan keinginan Anda dengan menentukan jasa pembuatan aplikasi mobile yang handal dibidangnya. Pilih lah developer yang mudah dijangkau, kredibel dan memiliki portfolio yang mumpuni. Memang tidak salah jika Anda merekrut seorang programmer untuk mengembangkan aplikasi mobile Anda sendiri, namun keuntungan bekerjasama dengan agensi jasa pembuatan aplikasi mobile jauh lebih besar. Sebut saja RECTmedia, salah satu developer atau jasa pembuatan aplikasi mobile yang berbasis di Semarang. Perusahaan agensi ini menawarkan jasa dengan biaya yang terjangkau. Baca artikel berikut ini untuk info lebih lanjut.

Itulah empat hal yang perlu ada persiapkan sebelum Anda membangun aplikasi mobile Anda sendiri. Analisa kebutuhan, analisa masalah, analisa identitas pribadi Anda dan menentukan developer adalah 4 hal yang perlu Anda catat. Mungkin akan muncul banyak hal lain dalam proses Anda mempersiapkan aplikasi mobile Anda.
Tetap percaya diri dan manfaatkan tekonologi yang ada untuk mengembangkan bisnis Anda. Semoga tips ini membantu dan sukses selalu.